Senin, 17 Januari 2011

Beberapa lagu Super Junior dilarang oleh Departemen Kebudayaan China




4 lagu Superjunior telah dilarang oleh Departemen Kebudayaan China. Keempat lagu tersebut telah diblokir secara resmi dari situs distribusi online oleh pemerintah setempat. Pada website resmi pemerintah China, kementerian merilis daftar lagu yang telah dinyatakan ilegal dan menyatakan bahwa lagu-lagu yang tercantum tersebut dilarang beredar untuk umum. Baik itu membeli lagu dari outlet musik online, ataupun mendownload dari berbagai sumber.

Baidu, yang selama ini menjadi portal situs terpopuler untuk mengunduh lagu – lagu Korea saat ini telah menghapus link – link donlotan dari online streaming. Pemerintah setempat menetapkan jangka waktu hingga 28 februari 2011 mendatang, selepas dari tenggat waktu tersebut pemerintah China menyatakan akan mengambil tindakan hukum.



China selama ini memang kerap memberlakukan larangan ketat untuk dunia maya dan sering dianggap “melampaui batas” dalam kebebasan masyarakatnya. Untuk urusan music,lagu yang berhubungan dengan menteri kebudayaan merupakan salah satu opsi kritis yang berdampak lumayan panjang.

Bukan hanya lagu – lagu Superjunior, bahkan untuk lagu Faye Wong, Jay Chou, dll tak terlepas dari guntingan sensor. Belum lama ini, China telah sempat mengeluarkan hukuman denda bagi penyanyi yang melakukan lipsync diatas panggung. Tidak diketahui apakah ada imbas “politik” dari keputusan memblokir 4 lagu SJ yang notabene dari Korea Selatan atau tidak.




cre : starjunior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar