Sabtu, 23 April 2011

Apakah grup cewek membeli kembali album mereka?




Membanjirnya grup cewek akhir-akhir ini, baik itu debut maupun yang comeback, tampaknya menimbulkan sedikit kejenuhan di industri musik Korea. Netizen semakin curiga adanya manipulasi penjualan album dari tiga grup cewek, dan akibatnya, Hanteo sebagai situs yang menampilkan peringkat total penjualan album, menjadi pusat perhatian saat ini.

Mengapa netizen sampai pada kesimpulan ini? Rupanya mereka melihat adanya lonjakan secara drastis pada penjualan album Brave Girls, Rainbow, dan 4minute. Hal ini memicu munculnya diskusi yang alot antar netizen di berbagai situs komunitas tentang kemungkinan perusahaan grup tersebut membeli kembali album mereka demi menciptakan fenomena ‘sapu bersih’. Hal ini juga didukung oleh rapuhnya pasar musik Korea, dimana hanya butuh beberapa ribu penjualan untuk menciptakan fenomena ‘sapu bersih’ yang sangat didambakan setiap grup.



Akibatnya, perusahaan tersebut harus mengeluarkan dana ekstra untuk membantu terciptanya laporan palsu tentang fenomena ‘sapu bersih’, dengan harapan grup tersebut akan memenangkan trofi dari program musik seperti Music Bank, Music Core, Inkigayo dan Mnet Countdown.

Timbul pertanyaan baru, mengapa topik ini tiba-tiba menjadi begitu heboh? Ternyata jawabannya ada pada Brave Girls. Netizen sangat terkejut ketika Brave Girls yang notabene adalah grup baru langsung mendominasi grafik penjualan album dalam semalam dengan angka yang sangat fantastis, lebih dari 4.000 album mereka ludes terjual. Hal ini tentunya menjadi sangat rancu mengingat grup cewek yang memiliki basis fans kuat seperti Sistar dan Secret memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai angka penjualan tersebut.



Hal ini tidak berakhir sampai disini, karena tiba-tiba saja Rainbow yang baru saja comeback juga mengalami peningkatan volume penjualan album secara drastis. Prestasi 4minute dalam menjual album mereka sebanyak 5.000 buah album hanya dalam dua hari juga tidak luput dari kecurigaan netizen, meskipun grup ini terbilang sudah lama berada dalam industri musik Korea.

Di Hanteo, seorang netizen menulis, ” Karena Brave Girls membeli kembali album mereka, Rainbow juga ikut-ikutan untuk membeli kembali album mereka demi menjaga prestasi mereka di minggu kedua promosi. 4minute juga ikut bersaing dalam memperebutkan posisi puncak, jadi mereka juga mulai membeli album mereka kembali. Walaupun mereka menjadi juara satu di chart musik, kita harus tetap tenang untuk mencegah hal ini tetap berlanjut. “

Seorang netizen lain juga menulis, ” Apa yang sebenarnya mereka pikirkan dengan membeli kembali album tersebut? Meskipun sudah sangat jelas mereka melakukan hal itu, tapi mereka tetap saja menyangkalnya. Sekarang orang-orang pasti akan menuduh f (x) juga akan melakukan hal tersebut karena mereka yang akan comeback berikutnya. “

Seorang perwakilan industri musik yang tidak ingin disebutkan namanya berkomentar, ” Saat ini, besarnya penjualan album sebuah grup merupakan indikasi kekuatan fansnya. Sedangkan bagi grup yang baru saja debut dan belum memiliki fans, membeli kembali album merupakan hal yang wajar agar mereka menjadi pusat perhatian dengan tiba-tiba menguasai grafik penjualan album. Ini kenyataan yang harus kita terima. “


Source : OSEN
via Naver, Hanteo
Take out from VITALSIGN via Allkpop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar